Wednesday 16 October 2024

Liburan ke Desa Wisata Kini Makin Asyik Berkat AVMS dari Reza Permadi

Pernahkah kalian pergi berlibur ke desa wisata? Kalau kalian belum pernah pergi liburan ke desa wisata, sesekali kalian wajib mencobanya.

Buat saya, pergi berlibur ke desa wisata itu bisa memberikan kesan yang tak terlupakan. Karena Berdasarkan pengalaman saya pribadi, desa wisata kerap menawarkan pengalaman yang unik berbeda dibandingkan dengan saat kita berlibur ke destinasi wisata konvensional.

Kalau kita berlibur ke desa wisata, kita bisa dengan mudah menikmati pemandangan alam yang indah, menikmati udaranya yang segar, dan keindahan alam pedesaan yang asri.

Nggak cuma itu, banyak desa wisata di Indonesia yang menawarkan atraksi budaya dan tradisi masyarakat setempat. Mulai dari kegiatan sehari-hari masyarakat desa, tarian tradisional, berbagai kerajinan tangan, hingga makanan khas.

Salah satu bonus liburan ke desa wisata yang selalu bisa memberikan dampak emosional adalah saat kita bisa berinteraksi dengan masyarakat setempat.

Selain memberikan keuntungan bagi kita yang ingin healing, pergi berlibur ke desa wisata juga tentu akan mendukung ekonomi lokal. Yang secara tidak langsung bisa membantu meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

Tidak menutup kemungkinan juga kita bisa berpartisipasi dalam berbagai aktivitas yang dilakukan oleh masyarakat desa. Entah itu berkebun, memancing, membuat kerajinan tangan, atau mengikuti upacara adat setempat.

Menurut data terbaru, di Indonesia terdapat sekitar 80.000 desa, dan 6030 diantaranya adalah desa wisata.

Berlibur ke Desa Wisata Kini Lebih Mudah Berkat AVMS Kreasi Reza Permadi

Image From IG @repermadi

Buat kalian yang pernah berlibur ke desa wisata. Kalian pasti mungkin pernah diminta untuk mengisi daftar hadir dengan mencatat nama, dan asal daerah, serta diminta untuk meninggalkan nomor telepon atau email.

Tapi, meskipun pernah meninggalkan beberapa identitas pribadi tersebut, kalian mungkin tak pernah dihubungi oleh pihak pengelola desa wisata.

Entah itu, untuk menawarkan promo atau sekedar memberikan informasi mengenai hal-hal baru yang di desa wisata tersebut yang mungkin bisa membuat kamu tertarik untuk datang kembali.

Atau, kamu mungkin pernah ingin mengunjungi Desa Wisata tertentu tapi masih kebingungan bagaimana caranya membeli tiket, sulit mendapatkan informasi mengenai atraksi wisata apa saja yang ditawarkan, atau kesulitan mendapatkan layanan secara daring, padahal sekarang adalah era internet.

Berbagai kekurangan desa wisata di indonesia tersebut memang masih menjadi PR bagi sebagian besar pengelola desa wisata.

Untungnya, berbagai persoalan dan kekurangan tersebut diperhatikan oleh Reza Permadi yang kemudian menciptakan program bernama Autorin Visitor Management System (AVMS).

Sebagai seorang lulusan program Master of Sustainable Tourism, Reza Permadi tentu saja tidak asing dengan desa wisata dan berbagai kekurangan atau permasalahan yang dihadapinya.

Karena itulah, saat masih duduk di bangku kuliah, ia bercita-cita untuk menciptakan solusi bagi desa wisata agar lebih mudah dikelola, tiketnya bisa lebih mudah didapatkan secara online, informasi atraksi wisatanya lengkap, dan menyediakan layanan secara daring.

Dengan tersedianya informasi yang lebih lengkap di internet, pengunjung akan lebih leluasa dalam membuat agenda kunjungan wisata maupun berbagai persiapan.

Dengan demikian, tidak akan ada lagi pengunjung yang tidak membawa baju renang saat destinasi wisata yang dikunjunginya menyediakan kolam renang atau tempat bermain air yang seru, atau berbagai pengalaman tidak menyenangkan lainnya.

Hingga saat ini, terdapat kurang lebih 100 desa wisata di Indonesia yang telah memanfaatkan AVMS besutan Reza Permadi.

Memanfaatkan AVMS, desa wisata akan memiliki database pengunjung yang lebih tertata, lebih mudah dimanfaatkan, dan bahkan program ini telah menyediakan catatan keuangan.

Tak hanya itu, AVMS memungkinkan desa wisata aktif “menjemput bola” guna mendatangkan pengunjung, sehingga tidak perlu lagi menunggu pengunjung untuk mau datang.

Reza sendiri hingga saat ini masih aktif menggelar Autorin Academy sebagai media untuk memberikan pelatihan secara luring maupun daring bagi para pengelola desa wisata yang menargetkan 4500 desa wisata go digital dengan AVMS di tahun 2030 nanti.

Selain bekerja sama dengan pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif (Kemenparekraf), Reza juga menggandeng sektor swasta untuk memberdayakan desa wisata.

Salah satu sektor wisata yang berkolaborasi dengan Reza adalah Astra yang memang sejak lama dikenal sebagai salah satu perusahaan yang aktif membantu mengembangkan potensi individu, desa, UMKM, dan sektor pariwisata.

Keuntungan Desa Wisata yang Bergabung Atourin

Desa wisata yang bergabung dengan Atourin sebenarnya sangat banyak, seperti misalnya:

  • Lebih mudah menggaet pengunjung
  • Meningkatkan pendapatan. Desa Bugisan di Klaten adalah salah satu contohnya. Setelah bergabung dengan Atourin, selain mengalami peningkatan jumlah kunjungan, desa wisata ini juga mengalami peningkatan pendapatan hingga 40 juta rupiah
  • Tak hanya bisa menggaet calon wisatawan lokal, desa wisata juga bisa menggaet wisatawan asing
  • Berbagai informasi penting dapat disebarkan melalui internet
  • Data-data lebih terorganisir
  • Begitu juga dengan promosi yang lebih masif
Image Source from Ig @repermadi

Penutup

Atourin adalah sebuah perusahaan rintisan yang digagas oleh Reza Permadi yang menawarkan program Autorin Visitor Management System (AVMS).

Program ini telah berhasil menciptakan inovasi yang signifikan dalam dunia pariwisata Indonesia, khususnya di tingkat desa.

Melalui platform AVMS, Atourin telah membuktikan bahwa teknologi digital dapat menjadi kunci untuk mengembangkan desa wisata secara berkelanjutan.

Atourin sendiri telah banyak berkontribusi bagi pengembangan kepariwisataan di Indonesia, khususnya untuk desa wisata. Misalnya, ikut membantu mengelola desa wisata, mempercepat proses gol digital desa wisata, aktif memberikan pelatihan untuk meningkatkan SDM, membantu meningkatkan pendapatan desa dengan mengurangi praktik pungutan liar, memperluas jangkauan pasar, dan menerapkan prinsip-prinsip pariwisata berkelanjutan serta pelestarian lingkungan di samping pemberdayaan masyarakat.

Atas kontribusinya sebagai penggagas Atourin dan program AVMS, PT Astra International Tbk melalui ajang SATU Indonesia Awards menganugerahkan apresiasi sebagai peserta individu dikategori kepada Reza Parmadi.

Bagi kalian yang belum familiar dengan apresiasi SATU Indonesia Awards, ini adalah ajang penghargaan bergengsi yang diberikan kepada individu atau kelompok yang memiliki inisiatif atau memiliki kontribusi positif bagi masyarakat (bangsa) Indonesia.

Jadi, Jika anda memiliki program atau kegiatan apa saja yang inovatif dan memiliki dampak di bidang, teknologi, pendidikan, kewirausahaan, lingkungan, dan kesehatan, segera daftarkan diri dengan mengunjungi website astra.co.id.

Siapa tahu, kamu adalah salah satu individu yang selama ini dicari-cari oleh para juri untuk mendapatkan dukungan secara finansial maupun pendampingan. Jadi, tunggu apa lagi segera kunjungi website Astra untuk mendaftarkan diri.

Previous Post
Next Post

post written by:

Seorang ibu yang senang menulis tentang motivasi diri, parenting dan juga tentang kehidupan sehari-hari di Jombloku. Semoga blog ini bisa membawa manfaat buat kita semua.

0 comments: